Silsilah awal orang lampung

Sabtu, 28 April 2012
Teori silsilah atau asal-usul ulun Lampung (orang Lampung) erat kaitannya dengan istilah Lampung sendiri, walaupun nama Lampung itu mungkin sekali baru dipakai lebih kemudian daripada mereka memasuki daerah Lampung. Ada beberapa pendapat mengenai asal-usul (nama) ulun Lampung:

Pertama, dari catatan musafir Cina yang pernah mengunjungi Indonesia pada abad VII, yaitu I Tsing, yang diperkuat oleh teori yang dikemukan Hilman Hadikusuma, disebutkan bahwa Lampung itu berasal dari kata To- lang-po-hwang. To berarti orang dalam bahasa Toraja, sedangkan Lang-po-hwang kepanjangan dari Lampung. Jadi, To-lang-po-hwang berarti orang Lampung.

Kedua, Dr. R. Boesma dalam bukunya, De Lampungsche Districten (1916) menyebutkan, Tuhan menurunkan orang pertama di bumi bernama Sang Dewa Sanembahan dan Widodari Simuhun. Mereka inilah yang menurunkan Si Jawa (Ratu Majapahit), Si Pasundayang (Ratu Pajajaran), dan Si Lampung (Ratu Balau). Dari kata inilah nama Lampung berasal.

Ketiga, legenda daerah Tapanuli menyeritakan, zaman dahulu meletus gunung berapi yang menimbulkan Danau Toba. Ketika gunung itu meletus, ada empat orang bersaudara berusaha menyelamatkan diri. Salah satu dari empat saudara itu bernama Ompung Silamponga, terdampar di Krui, Lampung Barat. Ompung Silamponga kemudian naik ke dataran tinggi Belalau atau Sekalabrak. Dari atas bukit itu, terhampar pemandangan luas dan menawan hati seperti daerah yang terapung. Dengan perasaan kagum, lalu Ompung Silamponga meneriakkan kata, "Lappung" (berasal dari bahasa Tapanuli kuno yang berarti terapung atau luas). Dari kata inilah timbul nama Lampung. Ada juga yang berpendapat nama Lampung berasal dari nama Ompung Silamponga itu.

Keempat, teori Hilman Hadikusuma yang mengutip cerita rakyat. Ulun Lampung berasal dari Sekalabrak, di kaki Gunung Pesagi, Lampung Barat Penduduknya disebut Tumi (Buay Tumi) yang dipimpin oleh seorang wanita bernama Ratu Sekarmong. Mereka menganut kepercayaan dinamis, yang dipengaruhi ajaran Hindu Bairawa. Buai Tumi kemudian dapat dipengaruhi empat orang pembawa Islam berasal dari Pagaruyung, Sumatera Barat yang datang ke sana. Mereka adalah Umpu Nyerupa, Umpu Lapah di Way, Umpu Pernong, dan Umpu Belunguh. Keempat umpu inilah yang merupakan cikal bakal Paksi Pak sebagaimana diungkap naskah kuno Kuntara Raja Niti. Namun dalam versi buku Kuntara Raja Niti, nama poyang itu adalah Inder Gajah, Pak Lang, Sikin, Belunguh, dan Indarwati. Berdasarkan Kuntara Raja Niti, Hilman Hadikusuma menyusun hipotesis keturunan ulun Lampung sebagai berikut:
    INDER GAJAH
    Gelar: Umpu Lapah di Way Kedudukan: Puncak Keturunan: Orang Abung.
    PAK LANG
    Gelar: Umpu Pernong Kedudukan: Hanibung Keturunan: Orang Pubian.
    SIKIN
    Gelar: Umpu NyerupaKedudukan: Sukau Keturunan: Jelma Daya.
    BELUNGUH
    Gelar: Umpu Belunguh Kedudukan: Kenali Keturunan: Peminggir.
    INDARWATI
    Gelar: Puteri Bulan Kedudukan: Ganggiring Keturunan: Tulangbawang.

Kelima, penelitian siswa Sekolah Thawalib Padang Panjang pada tahun 1938 tentang asal-usul ulun Lampung. Dalam cerita Cindur Mato yang berhubungan juga dengan cerita rakyat di Lampung disebutkan bahwa suatu ketika Pagaruyung diserang musuh dari India. Penduduk mengalami kekalahan karena musuh telah menggunakan senjata dari besi. Sedangkan rakyat masih menggunakan alat dari nibung (ruyung). Kemudian mereka melarikan diri. Ada yang malalui Sungai Rokan, sebagian melalui dan terdampar di hulu Sungai Ketaun di Bengkulu lalu menurunkan Suku Rejang. Yang lari ke utara menurunkan Suku Batak. Yang terdampar di Gowa, Sulawesi Selatan menurunkan Suku Bugis. Sedangkan yang terdampai di Krui, lalu menyebar di dataran tinggi Sekalabrak, Lampung Barat. Mereka inilah yang menurunkan Suku Lampung.

10 komentar (Silsilah awal orang lampung)

Posting Komentar
  1. Anonim

    Silsilah orang lampung di KERAJAAN SEKALA BEGHA KUNO (KERAJAAN BAWANG) atau pra paksi pak sekala bekhak:
    BUAY TUMI BELALAU => RATU SEKARMONG atau BUAY HUMAKHADATU; KANYANGAN BATU BRAK => PETAGHA LIMA atau BUAY CUKUH/KANYANGAN; JELMA DAYA di SUKAU => RATU BEDARAH PUTIH atau BUAY PUTIH & RATU SEMINUNG atau BUAY BENAWANG;

    Silsilah orang lampung di KERAJAAN SAKA HAJI KOMERING RANAU (KERAJAAN TALANG):
    MINANGA di LUAS - BALIK BUKIT - RANAU - SALIBA HAJI - WAY SAKA KOMERING - MINANGA KOMERING => RAKIHAN SAKTI atau BUAY AJI + NAGA BRISANG atau BUAY BULAN...

    Silsilah orang lampung di KERAJAAN SELABUNG KAUR BENGKULU:
    ABUNG KAUR di LAWOK LEBU-WAY SELABUNG-RANAU => ABUNG RANAU atau pra migrasi ke Sekala Begha dan terus ke Canggu Gacak...

  2. tour and travel disurabaya » November 10, 2012 3:11 PM | permalink

    sukses terus buat blognya nih.. heheh

  3. Tihang » Desember 03, 2012 8:46 AM | permalink

    trims....

  4. Anonim

    jangan terlalu percaya dari cerita orang lain kecerita lain pasti beda2
    ada yg bilang lampung berasal dari suku batak
    tapi dilihat2 wajah orang lampung itu gk sama sm orang batak
    dilampung asli banyak yang berkulit putih dan bermata sipit dan sayu

  5. Azuma » Februari 09, 2013 11:35 PM | permalink

    Orang lampung yah....,

    salam kenal, ane orang palembang... :)

  6. Tihang » Februari 10, 2013 1:08 AM | permalink

    @up
    ya, salam kenal juga Riko

  7. Anonim

    Waktu pelajaran SD sejarah Lampung it Knpa org Lampung banyak yg berkulit putih dan mata sipit karena jaman dlunya adalah keturunan bangsa cina yg menikahi org pribumi lpg .

  8. Unknown » April 14, 2013 4:40 AM | permalink

    Sip

  9. Tihang » April 16, 2013 10:22 PM | permalink

    @tour and travel disurabayatrims

  10. abieuglow » Maret 05, 2022 10:07 AM | permalink

    JtHub partners with the best gaming experience - CBSDetroit
    JT Rewards is a gambling business providing the best 공주 출장안마 online gambling 성남 출장안마 experience. It 김해 출장안마 has received the gaming award of Oct 충청남도 출장샵 31, 제주 출장마사지 2021

Back to form

Mohon berkomentar sesuai topik posting di atas !