Obyek wisata Danau ranau

Sabtu, 20 Agustus 2011
Danau-ranauDanau Ranau terletak di Desa Lumbok, kecamatan Sukau kabupaten Lampung Barat,atau sekitar 31 kilo meter dari Kota Liwa. Di sekitar Danau Ranau yang memiliki luas sekitar 44 km² kita bisa menyaksikan hamparan biru Air danau dengan latar belakang gunung seminung yang menjulang tinggi yang di hiasi perbukitan hijau.

Menurut legenda yang ada, danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar. Sungai besar yang sebelumnya mengalir di kaki gunung berapi itu kemudian menjadi sumber air utama yang mengisi cekungan tanah tersebut, sehingga lama-kelamaan lubang besar itu pun penuh dengan air. Kemudian di sekeliling danau baru itu mulai ditumbuhi berbagai tanaman, di antaranya tumbuhan semak yang oleh warga setempat disebut Ranau. Maka danau itu pun dinamakanlah Danau Ranau. Sisa gunung api itu kini menjadi Gunung Seminung yang berdiri kokoh di tepi danau berair jernih tersebut.

wisata-danau-ranau Pada sisi lain di kaki gunung Seminung terdapat sumber air panas alam yang keluar dari dasar danau dan dapat digunakan para penduduk setempat ataupun para wisatawan yang datang ke pulau tersebut. Di sekitar danau ini juga dapat ditemui air terjun Subik yang tak kalah menarik untuk di nikmati. Tempat lain yang dapat dikunjungi adalah Pulau Marisa yang terletak tidak jauh dari air panas.


Selain dapat menikmati kehangatan air panas yang berada dikaki gunung seminung, para pengunjung yang membawa keluarga sering memilih alternatif lain seperti berperahu, memancing dan berpiknik bersama keluarga.

7 komentar (Obyek wisata Danau ranau)

Poskan Komentar
  1. kijalung » Agustus 21, 2011 5:31 PM | permalink

    Sepertinya menarik buat d kunjungi kawan

  2. Tihang » Agustus 21, 2011 6:40 PM | permalink

    Selain menarik, Danau ranau mendapat urutan danau terbesar ke dua di sumatera...

  3. tiket pesawat murah » Oktober 10, 2011 9:39 AM | permalink

    selain bisa bersantai menikmati indahnya danau dan pegunungan disekitarnya,,
    juga bisa sejenak menikmati air panas,,
    wah komplit kalau liburan diadakan disana,,
    namun jaraknya yang jauh,,sangat disayangkan,

  4. Vivi » Desember 12, 2011 5:58 AM | permalink

    Saya belum pernah kesana pemandangannya luar biasa... sayang deh bagi yang belum melihatnya.

  5. wendy ranau

    objek wisata danau ranau 75% masuk wilayah sumatra selatan, air panas, pulau marisa dan air terjun subik serta fasilitas penginapan "wisma PT.Pusri" berada di kec.banding agung, akses mudah karena jalan yang aspal!

  6. wendy ranau

    nama danau ranau berasal dari cerita rakyat,yang sampai saat ini dipercayai oleh warga ranau: konon ada dua bersaudara yang tua( laki-laki) bernama "naga" dan Adik(perempuan ) bernama Ranau.karena naga memakan telor ular maka berubahlah ia menjadi seekor ular raksasa,namun karena inggat pesan kedua orang tua sinaga selalu menjaga siranau,sinaga tentu tak bisa berlama2 didarat karena kepanasan,sedangkan siranau sebaliknya. singkat cerita mereka menemukan danau yang sanggat luas dan indah. sinaga..keasikan berenang didalam danau.tampa ingat dengan sang adik yang menunggu ditepi .akhirnya siranau meninggal ditepi danau yang baru mereka temukan,karena kelaparan...,ketika naga sadar dia muncul dipermukaan menemukan sang adik yg tak bernyawa lg.kesedihan yg mendalam naga tetap berjanji tuk menjaga sang adik, maka dibawak lah jazad sang adik kedalam danau tuk dimakamkan.hingga danau tersebut menjadi danau ranau. sampai dg saat ini sang naga tatap menjaga ranau dg setia.jika anda tidak percaya bahwa sang naga tidak ada maka sombonglah anda diatas kapal motor yg sedang berada ditengah danau sambil mengucap kata@ kotor....dalam waktu 5 menit obbak tinggi bakal menghantap kapal yg anda timpangi..

  7. wendy ranau

    saya merupakan keturunan penghuni pertama yang mendiami danau ranau.desa yang pertama menghuni ranau adalah desa sukajaya....,jika anda datang dari lampung barat,maka desa pertama yang ada di prof sumatra selatan.

Back to form

Mohon berkomentar sesuai topik posting di atas !