Bahan dan peralatan tenun tapis

Kamis, 16 September 2010

Bahan dasar

Kain tapis Lampung yang merupakan kerajinan tenun tradisional masyarakat Lampung ini dibuat dari benang katun dan benang emas. Benang katun adalah benang yang berasal dari bahan kapas dan digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan kain tapis, sedangkan benang emas dipakai untuk membuat ragam hias pada tapis dengan sistim sulam. tapis

Pada tahun 1950, para pengrajin tapis masih menggunakan bahan hasil pengolahan sendiri, khususnya untuk bahan tenun. Proses pengolahannya menggunakan sistim ikat, sedangkan penggunaan benang emas telah dikenal sejak lama.

Bahan-bahan baku itu antara lain:
  1. Khambak/kapas digunakan untuk membuat benang.
  2. Kepompong ulat sutera untuk membuat benang sutera.
  3. Pantis/lilin sarang lebah untuk meregangkan benang.
  4. Akar serai wangi untuk pengawet benang.
  5. Daun sirih untuk membuat warna kain tidak luntur.
  6. Buah pinang muda, daun pacar, kulit kayu kejal untuk pewarna merah.
  7. Kulit kayu salam, kulit kayu rambutan untuk pewarna hitam.
  8. Kulit kayu mahoni atau kalit kayu durian untuk pewarna coklat.
  9. Buah deduku atau daun talom untuk pewarna biru.
  10. Kunyit dan kapur sirih untuk pewarna kuning.
Pada saat ini bahan-bahan tersebut diatas sudah jarang digunakan lagi, oleh karena pengganti bahan-bahan diatas tersebut sudah banyak diperdagangkan di pasaran.
Peralatan tenun kain tapis
Proses pembuatan tenun kain tapis menggunakn peralatan-peralatan sebagai berikut:
Sesang yaitu alat untuk menyusun benang sebelum dipasang pada alat tenun.
Mattakh yaitu alat untuk menenun kain tapis yang terdiri dari bagian alat-alat:
  1. Terikan (alat menggulung benang)
  2. Cacap (alat untuk meletakkan alat-alat mettakh)
  3. Belida (alat untuk merapatkan benang)
  4. Kusuran (alat untuk menyusun benang dan memisahkan benang)
  5. Apik (alat untuk menahan rentangan benang dan menggulung hasil tenunan)
  6. Guyun (alat untuk mengatur benang)
  7. Ijan atau Peneken (tunjangan kaki penenun)
  8. Sekeli (alat untuk tempat gulungan benang pakan, yaitu benang yang dimasukkan melintang)
  9. Terupong/Teropong (alat untuk memasukkan benang pakan ke tenunan)
  10. Amben (alat penahan punggung penenun)
  11. Tekang yaitu alat untuk merentangkan kain pada saat menyulam benang emas.

Lihat juga

» Sejarah kain tapis.

» Jenis kain tapis.

10 komentar (Bahan dan peralatan tenun tapis)

Poskan Komentar
  1. Rizky2009 » September 16, 2010 11:33 AM | permalink

    ambil pertamax dulu ah, lama nih g bilang pertamax, mantab kang nambah pengetahuan dan wawasan saya lgi

  2. Tihang karas » September 16, 2010 12:41 PM | permalink

    Syukur dech kl bisa berguna, tujuan posting ini sekedar untuk bookmark saja siapa tahu nanti ada adik atau tetangga yang nanya, jd saya gak perlu repot untuk mencarinya.

  3. tomo » September 16, 2010 1:11 PM | permalink

    Banyak anak muda yang enggan belajar kerajinan ini

  4. narti » September 16, 2010 3:12 PM | permalink

    belajar banyak dari sini, banyak istilah yg belum ngerti sebelumnya.
    makasih.

  5. sda » September 16, 2010 3:14 PM | permalink

    daun talom apa ya? baru denger...
    atau di daerahku beda namanya ya?

  6. gp » September 16, 2010 3:15 PM | permalink

    artikel yg seperti ini layak diwariskan, aku aja sudah tidak ngerti, gimana anak2 nanti?

  7. tomo » September 16, 2010 10:40 PM | permalink

    lengkap banget peralatannya.
    sudah biasa bertenun ya

  8. Tihang karas » September 19, 2010 1:16 AM | permalink

    Wedew.. gak bs cak, cuma bisa teorinya doang.

  9. Yohan Wibisono » September 21, 2010 4:16 PM | permalink

    Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang penyembuhan dan kesehatan di blogku : http://www.TahitianNoniAsia.net, silahkan kunjungi, mudah-mudahan manfaat

  10. bliyanbayem » September 23, 2010 11:42 AM | permalink

    salah satu kain tenun tradisional lampung ya mas? wah, perlu dilestarikan nih biar ga di ambil tetangga...

Back to form

Mohon berkomentar sesuai topik posting di atas !