Pantai Tanjung setia

Selasa, 18 Mei 2010
Pantai Tanjung Setia (Lampung Barat), sudah terpatri bagi para wisatawan asing, Selain panoramanya alami pantai ini juga menyuguhkan ombak yang sangat menantang. Jangan heran jika pada bulan Juli hingga Oktober selalu dipadati turis asing untuk melakukan surfing, lantaran ombaknya mencapai tujuh meter. tanjung_setia

Deburan ombak di pantai Tanjung Setia yang berhadapan dengan Samudera Hindia, memang membuat gemas bagi para wisatawan yang datang khusus untuk berselancar. Selain ombaknya tinggi dan panjang, kondisi lautnyapun masih alami, belum tercemar bahkan udaranya sangat sejuk dengan kondisi alamnya yang damai, serta jauh dari kebisingan.

Pantai yang berada di sebuah teluk kecil ini, selain menjadi lokasi surfing bagi wisatawan mancanegara dari Australia, Amerika dan negara Eropa lainnya, juga dikenal sebagai tempat berwisata memancing yang kaya ikan laut mulai tuna hingga blue marlin. Juga sebagai tempat berkemah, apalagi ada cottage yang representatif bahkan alami lantaran bangunannya menyatu dengan alam.

Oleh karena itu, tidak berlebihan jika pantai yang berada Pekon Bumi Agung, Kecamatan Biha, sekitar 22 km dari Kota Krui dijuluki mutiara yang terpendam. Karena deburan ombaknya tidak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Bali dan Nias. Selain itu, kondisi pasir pantai yang halus, putih bak mutiara serta kebersihan pantai masih terjaga.

Mungkin bagi turis lokal, nama Tanjung Setia memang masih agak asing. Maklum, objek wisata yang potensinya berkelas dunia itu belum banyak dipromosikan. Namun, bagi wisatawan asing, terutama yang hobi berselancar (surfing), Tanjung Setia merupakan tujuan baru yang sangat menantang untuk dicoba.

Menurut wisatawan asing yang datang, memang mereka datang khusus untuk merasakan gempuran ombak dan gelombang di pantai tersebut.

Umumnya mereka mengetahui keberadaan pantai tersebut dari internet atau dari blog-blog surfer yang pernah datang ke Tanjung Setia. Seperti Edu, wisatawan mancanegara asal Bask, Eropa, yang mengetahui Tanjung Setia dari temannya.

tanjung-setia

Sebuah ombak besar menderu sambil memuncratkan buih putihnya. Edu bergegas menyambut ombak, mengayuh lalu berdiri di atas papan selancarnya dan kemudian meliuk-liuk menyusuri gelombang yang panjang. Sesekali ia bergerak naik keatas gelombang tersebut dan dengan cepat menukik. Edu mengulangi gerakan itu sampai ke ujung gelombang. Saat itu sekitar pukul 09.30, dan menurut Edu, mulai dari sekitar pukul 09.00 sampai 12.00 ombak di Tanjung Setia memang sedang besar- besarnya.

sumber: lampungbarat.go.id & ulun lampung.

21 komentar (Pantai Tanjung setia)

Posting Komentar
  1. Abdul Hafizh

    Wew .. keren bggt sob pantainya .. bisa buatselanar macem tu .. Manteep !!
    Jadi pgen kesana nih .. ^^

  2. narti » Mei 18, 2010 8:36 PM | permalink

    wow keren....masih asri banget...
    belum pernah kesana nih...

  3. sda » Mei 18, 2010 8:36 PM | permalink

    subhanallah indahnya....

  4. Tihang » Mei 18, 2010 8:38 PM | permalink

    Lho koq' gak nyertakan jejak link ?!...

  5. gak mutu » Mei 19, 2010 3:44 AM | permalink

    tanjung setia seperti namanya ... semoga tetap setia terus menemani turis berselancar ...

    dilihat dari fotonya pantainya bagus banget, lautnya masih biru dan ombaknya cocok buat berselancar ...

  6. secangkir teh dan sekerat roti » Mei 19, 2010 10:16 PM | permalink

    sepertinya sangat indah :)

  7. hendro-prayitno » Mei 19, 2010 10:18 PM | permalink

    surfing asik bener..aku belum pernah coba sobat..
    oya, kalau meta tag aku juga masih belajar dan aku pernah mempostingnya di blogger meta tag di situ banyak macam-macamnya,,
    kalau saran gimana ya sob,,paling di kompres aja cssnya di css compresor, javanya juga..ini hanya saran sob aku juga masih belajar dan masih baru soal beginian

  8. Tihank k. » Mei 19, 2010 11:05 PM | permalink

    Sip... terima kasih sekali sarannya, langsung di praktekan he he...

  9. hendro-prayitno » Mei 20, 2010 12:21 AM | permalink

    semoga berguna ya sobat,,

  10. tomo » Mei 20, 2010 10:42 AM | permalink

    Belum pernah ke sana kawan.pastinya indah ya

  11. Uswah » Mei 20, 2010 10:43 AM | permalink

    Berkunjung.pantai indah

  12. Ferdinand » Mei 21, 2010 12:40 PM | permalink

    Waduh klo ng'liat yg pada surfing jadi kepenegn juga tuh Sob.....keren tuh tempat....wah aku baru tau dilampung ada tempat sebaguz itu.....makasih info'y Sob.....

  13. Tihang » Mei 21, 2010 3:50 PM | permalink

    @ferdinand
    Ayo buruan kesana gak jauh koq' he he [promosi]

  14. Dev » Mei 21, 2010 10:19 PM | permalink

    waw keren banget pantainya sob..biasanya klo mau surfing di pelabuhan ratu aja soalnya ga terlalu jauh dari bandung..Pantai tanjung kayanya harus dikunjungi, tapi kalo ongkosnya cukup :D

  15. Pasang Iklan Baris Gratis » Mei 21, 2010 10:20 PM | permalink

    o iya sekalian promosi blog baru ya :D

  16. canon powershot digital camera » Mei 22, 2010 3:19 PM | permalink

    cantik banget pulau nya...
    salam kenal....

  17. Tihang » Mei 22, 2010 5:04 PM | permalink

    @canon
    salam kenal kembali sob, trims sudah berkunjung ...

  18. infophone-kdr » Mei 22, 2010 6:24 PM | permalink

    Indah sekali pantainya sobat dan pasti asyik klo berada disana, btw jadi ingin cpt2 bs kesana nich tapi msh blm ada ongkos hehehe...:D

  19. Ello Aristhosiyoga » Mei 23, 2010 1:25 PM | permalink

    Pantainya keren.

    ayo surfing rame-rame....

    asik banget!

  20. mixedfresh » Mei 25, 2010 8:45 AM | permalink

    jujur aku baru denger nama pantai ini, tapi benar2 elok pemandangannya apalagi ombak bisa sampai 7 meter.. waow...keren! someday i'd love to go there

  21. Tihang » Mei 25, 2010 1:02 PM | permalink

    Banyak yang bilang Tanjung setia adalah 'mutiara yg terpendam, oh iya kl ada yang pingin melihat Videonya silahkan klik disini atau klik Banner 'dari Pantai Tanjung setia diatas, Trims...

Back to form

Mohon berkomentar sesuai topik posting di atas !