Mengatasi eror pada kode pengaman Nokia

Senin, 15 Februari 2010
Perlu di ketahui bahwa tips ini bukanlah untuk mengatasi lupa dalam memasukan kode pengaman telpon atau dengan kata lain kode pengaman yang bukan sobat buat sendiri, sebagai contoh sobat membeli ponsel second yang kode pengaman setandarnya Nokia telah di ubah oleh pemilik sebelumnya.

Tips yang saya maksud disini adalah mengatasi kode pengaman yang telah sobat rubah sendiri dari kode standar Nokia 12345 menjadi 54321 (contoh) namun tak bekerja pada saat di masukan untuk membuka kunci pengaman tombol atau lain lain.

lock Karena artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi mungkin ada baiknya saya bercerita mengapa dan kapan kode pengaman biasa saya gunakan.

Pada perusahan tertentu ada yang menerapkan kebijakan untuk seluruh karyawannya agar tidak membawa ponsel di area produksi karena alasan dapat mengganggu kinerja dari yang karyawan bersangkutan. Nah.., untuk karyawan yang terlanjur membawa ponsel di haruskan menitipkan ponselnya di Pos security. Namun amankah ponsel saya ?, jawabanya tentu iya karena ponsel dapat saya ambil kembali pada saat pulang bekerja walaupun ada beberapa pengurangan pada saldo pulsa dan beberapa penambahan pada data log untuk panggilan keluar.

Untuk mengatasi hal diatas saya berinisiatif untuk mengaktifkan kode pengaman tombol, dan hasilnya ternyata sangat efektif, namun timbul masalah baru yang cukup membuat saya bingung karena kode yang telah saya ubah menjadi 54321 ternyata di tolak oleh si Nokia 3110c, hemmm, ada apa gerangan ?, tak mampu berlama-lama menahan si 'Bingung' bergegas saya membawa Nokiem ke counter terdekat yang kebetulan saya kenal baik dengan si empunya. setelah menceritakan kronologis kejadian yang menimpa Nokiem Kong Abun hanya diam dan tak sedikitpun terlihat roman serius dari muka kong Abun dalam menanggapi masalah ini, dia hanya terus menekan tanda * (bintang) di sudut bawah sebelah kiri pada keypad 3110c.

Kurang dari 3 menit kong Abun menyerahkan ponsel saya kembali seraya berkata "coba masukan kembali kodenya" sedikit bingung ku masukan kembali kodenya 54321 lalu kutekan 'OK' dan jreeng...! terlihat tulisan 'Tombol aktif' dilayar si Nokia 3110c ku, ahirnya HP ku normal kembali.

Oya, tips diatas berhasil juga saya di terapkan pada Nokia 1600, 2600c, 2626, 6030 dan 6070, untuk type lain silahkan sobat coba sendiri, bila berhasil di anjurkan untuk berkomentar disini dan kalau tidak berhasil di wajibkan untuk melapor.

86 komentar (Mengatasi eror pada kode pengaman Nokia)

Posting Komentar
  1. terminal kerja » Februari 17, 2010 12:48 PM | permalink

    thx infonya

  2. Tihang » Februari 17, 2010 8:31 PM | permalink

    @Terminal kerja
    sama-sama,..

    Mudah2an dapat bermanfaat tentunya.

  3. rZk » Februari 18, 2010 11:34 AM | permalink

    waaahhh benar ini..
    permasalahan yang sering terjadi...
    apa mungkin juga juga dapat menyebabkan fatal error

  4. Tihang » Februari 18, 2010 12:16 PM | permalink

    mudah2 gak sampai bgitu, cuma sebaiknya setelah kode td berhasil alangkah baiknya langsung di kembalikan ke pengaturan awal (standar pabrik).

  5. Puji Antoro » Februari 18, 2010 6:27 PM | permalink

    mampir sob :D

  6. ThG » Februari 18, 2010 7:40 PM | permalink

    sip mas....

  7. Lifestyle » Februari 23, 2010 7:25 AM | permalink

    wuih dititipin malah saldo berkurang, klo gitu emang harus pake kode pengaman tombol tuh...
    salam kenal ya...

  8. Nayarre Pata Blog » Maret 01, 2010 1:41 AM | permalink

    keren juga nih info.. thanks..

  9. irfan

    saya mau tanya, itu ditekan tombol bintangnya (*) saat mode standby (wallpaper kelihatan) atau saat kita akan memasukkan kodenya dan berapa lama mas? soalnya HP saya juga nokia 3110c dan mengalami nasib yang sama..
    mohon kirimkan jawabannya ke irfan_3121@yahoo.com

    terima kasih sebelumnya :)

  10. Tihang » Agustus 24, 2011 5:50 PM | permalink

    @irfan

    silahkan cek email sobat.

    sebelumnya pastikan kode pengamannya benar, karena post diatas bukan untuk mengatasi lupa kode tsb.

  11. jhoshian » September 17, 2011 8:37 AM | permalink

    pertanyaan saya sama seperti Irfan.
    saya mau tanya, itu ditekan tombol bintangnya (*) saat mode standby (wallpaper kelihatan) atau saat kita akan memasukkan kodenya dan berapa lama mas? soalnya HP saya juga nokia 3110c dan mengalami nasib yang sama..
    mohon kirimkan jawabannya ke jhoshian@yahoo.com

    terima kasih banyak sebelumnya :)

  12. Tihang » September 17, 2011 10:40 PM | permalink

    pada saat ponsel meminta memasukkan kodennya. waktunya max. 1 mnt.

  13. dika

    mas, saya sudah coba pada nokia 3110c saya,tapi kok tidak berhasil ya??
    satu lagi, tombolnys di tekan berkali-kali atau di tahan?

  14. Tihang » Oktober 03, 2011 6:30 AM | permalink

    Tekan dan tahan tombol bintang kurang lebih 1mnt, kemudian masukan kembali kode pengamannya.
    ulangi sampai 3x jika perlu, kl tidak b'hasil juga berarti kode pengamannya sudah berubah.

  15. Anonim

    gan untuk nokia 6233 saya berhasil

  16. Anonim

    nokia1202 kok tidak berhasil

  17. Tihang » Desember 28, 2011 10:27 PM | permalink

    Mungkin kodenya sudah diganti.

  18. Ardy

    Gan untuk HP nokia X1-01 kok gak bisa ya?

  19. bayu » Februari 17, 2012 2:06 AM | permalink

    ga bisa gan di n1200 ane,.

  20. Anonim

    Wah,,,,, cocok juga buat X3-02... Thanks a lot infonya gan....

  21. Harry » Juni 12, 2012 7:31 AM | permalink

    Handphone saya pada Nokia X1-01 error juga Security Code/Kode Keamanan nya.. Apakah bisa juga dikembalikan... saya ingat kodex terakhir kali adalah Tanggal lahir saya...

    Bagaimana ya, tolong ya kalau bisa kirim ke email saya: suryadiharyanto@live.com

  22. Anonim

    DANCOK

  23. Tihang » Juni 24, 2012 12:44 PM | permalink

    @Dancok
    ada yang salah !
    diatas sudah ditulis jelas.

  24. Anonim

    Kok dicoba tekan * gak ada respon terus,saya sangat frustasi mengulang-ngulang,bahkan sampai berpuluh-puluh kali memasukan pasword unlock master code tetapi muncul not allowed terus,itu gimana?apakah harus di flash agar normal,mohon bantuanya send to my email riovallent@ovi.com i'm waiting

  25. Tihang » Juli 15, 2012 8:54 PM | permalink

    Bawa ke konter aja, kemungkinan kodenya udah di ganti.

  26. Unknown » Juli 21, 2012 3:36 PM | permalink

    HP saya nokia 1600
    tapi tetep gak bisa
    imei :356413013531459
    Nokia Mastercode: 4570534704

  27. Unknown » Agustus 27, 2012 6:55 PM | permalink

    Makasih gan bisa langsung nih makasih infonya happy banget

  28. Unknown » Agustus 27, 2012 6:56 PM | permalink

    makasih infonya langsung bisa nih . makasih ya happy banget

  29. Gea Muhana Savitri » September 14, 2012 1:02 PM | permalink

    awalnya saya bingung dan terus nyoba gimana caranya biar kode pengaman ni kebuka, cos saya males kali kalo ngebawa ke konter, dan fikiran saya mengatakan kalo nih hape rasanya ga perlu diinstal, dan akhirnya saya memutuskan untuk mencari cara yang lebih efektif dg mencari informasi disini, dan memang terbukti kode pengaman dihape saya bisa kebuka. thanks ya admin buat informasinya :D

  30. Unknown » Desember 12, 2012 11:21 AM | permalink

    tnx gan, saya tekan tanda * pada saat minta masukkan kode pengaman, alhamdulillah berhasil nokia saya tipe X1-01

  31. lee sawran

    @ ardy
    bisa kok x1-01

  32. Anonim

    buka kunci tombol dulu.
    Baru pada saat diminta masukan kode, trus Tekan * Tahan, sambil masukin kode semula.

  33. Unknown » Februari 12, 2013 10:14 AM | permalink

    gimana cara ngatasi pembatasan telepon (nokia 6030)? tiap kunyalakan selalu minta kode pembatas telpon, aku gak ngerti kodenya, tolong dong siapa yg bisa bantu, kuuacpkan banyak terimaksh, semoga Allah membalas kebaikan anda.

  34. Anonim

    mas, q pnya nokia N100,
    td mlm jatuh dari tempat tdr, baterai n cover hp terlepas, lalu sy masukan kmbali baterai'a.
    stlh di aktifkan, kode pngaman hp'a jd berubah.. sy sudh coba keterangan yg mas posting it, tp ttp ndak bsa..
    tlg dnk mas, kl ada trik tambahan send ke sni y: putri_chybie@yahoo.com
    makaci

  35. Anonim

    Thank infinya.......siiip

  36. Unknown » Mei 05, 2013 5:53 PM | permalink

    Gan ane udah teken tuh tanda bintang (*) sewaktu minta masukan kode di hp nokia 2626 ane tapi tetep gak bisa gan.. mohon pencerahannya gan...

  37. Unknown » Mei 05, 2013 6:00 PM | permalink

    Sadiiisssss nih infonya.. sekarang uda bisa gan !!!!

  38. BIMO_PRASETYO » Mei 20, 2013 9:43 PM | permalink

    makasih gan, hp ane udh bisa diakses lagi masalah ane sama persis ama agan. hp ane nokia asha 303

  39. Life Style 《生活方式》 » Juni 30, 2013 4:19 PM | permalink

    kalau hp nokia touch screen gimana..?? hiks hikss.. trima kasih..

  40. Anonim

    Kenalin gan ane akbar,awalnya ane udah mencoba trick di atas dengan nokia asha 202 ane..frustasi banget gan..secara ada banyak banget sms yang masuk,panik kagak bisa bisa hingga suatu ketika ane termenung dan berdoa sama allah agar diminta pencerahan gitu :D *cius lho akhirnya iseng iseng ane pencet bintang ane masukin kodenya nah abis itu gaaaannnn...jreng jreng ane gak teken ok ane teken # dan alhasil !! Tebak sendiri dong ;) semoga bermanfaat

  41. Anonim

    Thxs bgt gan.. Infonya dhsyat jdi ilmu bwat sy.. Brhasil utk nokia x2

  42. Anonim

    bgaimana dengan hp 2700c. saya mengalami hal yang sama sudah saya jalankan petunjuk anda namun tidak berhasil.. thx

  43. Unknown » Oktober 31, 2013 10:29 PM | permalink

    bner sob...ini berfungsi di nokia lainnya...punya gw sering gtu jg..2730c...hadehh awalnya pling di sofware "kata tukang hp"

    gak tau nya cuma gt doank dapet 50rebu...ckckckckck...Modus

  44. suarjana » Desember 18, 2013 4:13 PM | permalink

    Saya punya hp nokia x1-01 tapi lupa kode pengamanx...gi mna ya cara penyelesaiannya...harap di bantu ya

  45. Anonim

    hp gw kmaren error kyak gitu .. trus gw coba cara di sini , BISA..!!
    tapi error lagi , trus gw coba lgi gk bisa..
    tu gmana gan??

  46. Unknown » Januari 22, 2014 8:47 AM | permalink

    nokia asha 303 saya coba kok gak bisa yaa? tnda bintangnya kan ada di atas, perlu pencet alt nya gak yahh.. mohon bantuannya.. thxx

  47. Unknown » Januari 22, 2014 8:49 AM | permalink

    @bimo.. saya coba nokia ash 303 saya kok gak bisa yah? caranya gimana :( tekan bintangnya pencet alt dulu tak?

  48. Anonim

    Nokia 2600 c

  49. Anonim

    mantap Gan... untuk NOKIA 3120 juga berhasil

  50. mirdan

    wah bang, terimakasih banyak, alhmdulillah bang

  51. asiancayoet » Maret 23, 2014 7:07 PM | permalink

    gan kode sekuriti nokia 3230
    sehabis hard reset apa

  52. asiancayoet » Maret 23, 2014 7:09 PM | permalink

    gan kode sekuriti nokia 3230 shabis hard reset apa

  53. Anonim

    Thanks gan atas tipsnya hp gwa x2-01 eror waktu masukin sandi berkali kali, pas gwa coba cara ini ternyata berhasil....!

  54. Unknown » Maret 31, 2014 7:23 PM | permalink

    Kalau pada nokia asha 200 gmana cara nyah kang,

    saya udah 2 kali kaya gitu, dan cara mengaktipkan nya juga beda beda. Yang pertama saya coba menelvon ke asha saya dan berhasil, namun yang kedua kali nya saya coba gagal, dan saya mencoba cara lain dengan mematikan hp saya dan saya charger lalu saya masukan kode nya dan berhasil juga heheheh ???

  55. Unknown » Maret 31, 2014 7:24 PM | permalink

    Kalau pada nokia asha 200 gmana cara nyah kang,

    saya udah 2 kali kaya gitu, dan cara mengaktipkan nya juga beda beda. Yang pertama saya coba menelvon ke asha saya dan berhasil, namun yang kedua kali nya saya coba gagal, dan saya mencoba cara lain dengan mematikan hp saya dan saya charger lalu saya masukan kode nya dan berhasil juga heheheh ???

  56. Unknown » Maret 31, 2014 7:24 PM | permalink

    Kalau pada nokia asha 200 gmana cara nyah kang,

    saya udah 2 kali kaya gitu, dan cara mengaktipkan nya juga beda beda. Yang pertama saya coba menelvon ke asha saya dan berhasil, namun yang kedua kali nya saya coba gagal, dan saya mencoba cara lain dengan mematikan hp saya dan saya charger lalu saya masukan kode nya dan berhasil juga heheheh ???

  57. Cara Artikel Computer » April 05, 2014 1:22 AM | permalink

    kalau nokia asha 305 bagai mana kk?

  58. Cara Artikel Computer » April 05, 2014 1:25 AM | permalink

    kalau Nokia Asha 305 Bagai Mana kk?

  59. Anonim

    makasih gandi hp nokia asha 200 saya bisa gan

    thnks info ny.

    klau terjadi lagi gan bisa di ulangi cara gitu kan gan?
    tlong di jawab

  60. Unknown » April 28, 2014 11:49 PM | permalink

    begini sob,keadaan hp nokia aku ini mati, jadi saya lupa kodenya trus cara membukanya gimana ini? tolong dong sob? kalok yang berhati malaikat bantu yea?! infonya ke facebook aku aja sob, ubai carnabissativa
    terimah kasih sob

  61. Unknown » Mei 23, 2014 8:53 PM | permalink

    mantap gan langsung bisa. good job

  62. Unknown » Juni 25, 2014 6:22 AM | permalink

    untuk nokia 206 dual sim berhasil mas ty infonya sangat mmbantu :)

  63. Vegas » Mei 02, 2015 10:04 AM | permalink

    Bagaimana Cara Untuk Membuka kode pembatasan telpon...???

  64. Vegas » Mei 02, 2015 10:06 AM | permalink

    Bagaimana Saya Dapat Membuka Kode Pembatasan Telpon untuk Nokia Asha 305 Saya...???

  65. JAVABOY » Juni 02, 2015 5:48 AM | permalink

    nokia 2600 sya tetap tidak bisa ,padahal udah masukin master kodenya

  66. Anonim

    Ilmu.nya mantap bos.
    Hp nokia 2630 teratasi!

  67. nikmah

    mksih ya infonya...saya berhasil membukanya kembali...

  68. nikmah

    makasih ya infonya....

  69. nikmah

    makasiih..................

  70. Unknown » Agustus 06, 2015 6:46 AM | permalink

    hape e7 saya tidak mau di kasih kode 12345 saat reset.selalu ditolak.saya akan coba trik ini..mudah-mudahan bisa.doakan yan ya?

  71. Rumahmapan » Agustus 30, 2015 9:18 PM | permalink

    ya makasih atas Blognya

  72. Unknown » Oktober 17, 2015 4:45 PM | permalink

    Trims ya ini bermanfaat skli

  73. Unknown » Oktober 17, 2015 4:46 PM | permalink

    Trims ya ini bermanfaat skli

  74. Unknown » Oktober 17, 2015 4:46 PM | permalink

    Trims ya ini bermanfaat skli

  75. Unknown » Oktober 24, 2015 9:14 PM | permalink

    Kalo nokia 2626 yang sllu minta kode pengaman itu gimna ya cara ngembaliin nya.?

    Mohon kasih tau.

  76. Unknown » Desember 20, 2015 2:40 PM | permalink

    mantab min, nokia asha 302 ku kembali lagi, sebelumnya g bisa, penyebabnya karna cewkku bawel g bisa dinasehati, udh brkali-kali dinasehati. tpi g nurut akhirnya kubanting hp nokia ini di tembok dket paret, lalu terbuka semuanya, batrenya, layarnya, semuanya lepas dan masuk ke paret yg berair dan penuh lumpur
    tpi aku masih untung, yg kurang cuma kodenya aja yg g bisa dibuka..
    karna adanya blog ini, smua jadi beres..
    semoga sukses bro..

  77. Unknown » Desember 20, 2015 2:44 PM | permalink

    mantab min, nokia asha 302 ku kembali lagi, sebelumnya g bisa, penyebabnya karna cewkku bawel g bisa dinasehati, udh brkali-kali dinasehati. tpi g nurut akhirnya kubanting hp nokia ini di tembok dket paret, lalu terbuka semuanya, batrenya, layarnya, semuanya lepas dan masuk ke paret yg berair dan penuh lumpur
    tpi aku masih untung, yg kurang cuma kodenya aja yg g bisa dibuka..
    karna adanya blog ini, smua jadi beres..
    salam sukses selalu

  78. Agus Kurnia » Januari 19, 2016 8:22 AM | permalink

    kalau hp sudah eror, emang bikin kesel.. artikel diatas pastinya membantu banget buat teman yang sedang mengalami masalah di hp nya.

  79. Unknown » September 03, 2016 5:37 PM | permalink

    wow... antara percaya & tidak hp Q nokia asha 206 eror kode standar nya di tolak terus tapi setelah menekan tombol bintang beberapa detik terus kucoba memasukkan kodenya kembali langsung bisa. thanks buat info trik ilmu nya :D

  80. Unknown » Desember 21, 2016 11:49 PM | permalink

    Saya udah coba tapi ga bisa juga pun

  81. Unknown » Februari 01, 2017 8:34 PM | permalink

    Kalo nokia 105 bt ngeriset bila lupa kodenya gimana ya bang

  82. Unknown » Maret 21, 2017 12:05 AM | permalink

    Gimana cara membuka kode pembatasan d nokia x2 gan? Udh d coba pnct * tp ttp aja tlp dibatasi

  83. Unknown » Mei 20, 2017 9:42 PM | permalink

    terimakasih gan

  84. Unknown » November 04, 2017 3:06 PM | permalink

    Hp akan Nokia 1110 lupa kode pengaman tidak bisa tekan tombol * #

  85. Unknown » November 04, 2017 3:10 PM | permalink

    Minta bantuan kode pengaman hp Nokia 1110

  86. Unknown » Desember 14, 2017 6:48 PM | permalink

    Masukkan komentar Anda... Mksih y.. It's work d hp Nokia 230 q. Kalo hp ini sengaja utk telpon aja krn batere awet. Utk maen game n inet mah pake Android.

Back to form

Mohon berkomentar sesuai topik posting di atas !